KOMPUTER
A.PENGERTIAN
KOMPUTER
Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah
dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,
tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika
Dalam arti seperti itu terdapat alat jenis kalkulator
mekanik mulai dari abakus dan seterusnya. Istilah lebih baik yang cocok untuk
arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem
pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda
dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah
dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of
Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai
kata untuk “orang yang menghitung” kemudian menjelang 1897 juga digunakan
sebagai “alat hitung mekanis”. Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk
kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya
menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
B.INPUT DEVICE
Input device yaitu alat yang digunakan untuk menerima
masukkan data dan program yang akan diproses di dalam computer.Berfungsi
sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan
input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Contoh alat device input :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Contoh alat device input :
a.Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
b.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya.
c. Scanner
Scanner
adalah alat masukan yang dapat menyalin atau meng-copy gambar atau teks yang
kemudian hasilnya langsung dtampilkan melalui monitor komputer dan selanjutnya
gambar atau teks tersebut dapat ditambah, dimodifikasi sesuai keinginan
pengguna, dan dapat disimpan ke dalam harddisk dan media penyimpanan lainnya,
dalam format file teks, dokumen, dan gambar.
d. Light
Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku
f. Joy Stick
dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
g.
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
h. Kamera
Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan kamera digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
C.PROSESSOR
Prosessor
otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan
ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU adalah sebagai
pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi
yang diperlukan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut dengan micro-processor
(pemroses mikro) atau processor yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan
sampai jutaan IC. Fungsi utama dari CPU bekerja dengan aritmatika dan logika
terhadap data yang terdapat dalam memori atau yang dimasukkan melalui unit
masukkan seperti keyboard, scanner, atau joystick. Kecepatanprocessor atau CPU
ini diukur dengan satuan hitung hertz atau clock cycles. Saat ini, komputer
memiliki kecepatan processor sampai giga hertz. 1 Giga Herzt sama dengan
1.000.000.000 herzt. Perkembangannyaprocessor yang pertama kali muncul tahun
1990-an adalah pentium dengan kecepatan 75 Mega Hertz, dan saat ini
kecepatannya sudah mencapai 3 Giga Hertz lebih dengan processor Pentium IV.
Seiring dengan kecepatan Pentium IV, telah pula diperkenalkan processor dengan
teknologi mobile yaitu Centrino(Pentium M – Centrino) jenis processor ini baru
terdapat pada komputer-komputer built up, laptop, notebook. Saat ini, processor
yang terbaru adalah Dual Core (Core Duo). Processor ini memiliki dua kecepatan
giga hertz seperti memiliki dua processor. Beberapa produsen processor yang
terkenal adalah Intel, AMD dan Cyrix. CPU bekerja berdasarkan instruksi suatu
software, atau instruksi suatu program.
D.MEMORI (RAM DAN ROM)
1. RAM
RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah
sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data
daninstruksi program, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacup
pada pengaturan letak data. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata
lain data yang tersimpan akan hilang jika computer dimatikan atau catudaya yang terhubung kepadanya
dicabut.
RAM
biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary
memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary
storage), memory stick, atau RAM stick.
Bahkan
terkadang orang hanya menyebutnya sebagai memori meskipun ada enismemori
lain yang terpasang di komputer.
RAM
merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam
mengolah data daninstruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam computer dapat
menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM
sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer.RAM juga berfungsi mengolah data daninstruki yang
ditulis atau dibaca oleh sebuah system bagian dari komputer yang sangat penting.
Dengan fungsi tersebut maka anda bias menjalankan dua aktifitas sekaligus,
yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM. Semakin berat aplikasi yang
akan dijalankan, maka bobot RAM akan semakin besar.
RAM
terdiridarisekumpulan chip. Chip-chip ini mampu untuk menampung:
* Data untuk diproses;
* Instruksi atau program, untuk memproses data;
* Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device;
* Instruksi system operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari system komputer
* Instruksi atau program, untuk memproses data;
* Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device;
* Instruksi system operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari system komputer
Struktur
dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1.Input
storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input
2. Program storage, dipakai untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan di proses
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output
2. Program storage, dipakai untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan di proses
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output
2.ROM
ROM mempunyai tugas untuk menyimpan program yang sifatnya tetap
atau permanen, tidak tergantung pada keberadaan aruslistrik (nonvolatile), dan
program yang tersimpan dalam ROM mempunyai sifat hanya bias dibaca oleh para pengguna
komputer.Menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan mudah, namun membaca
data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah.Biasanya program / data yang ada dalam
ROM ini diisi oleh pabrik yang membuatnya.Oleh karena sifat ini, ROM biasa digunakan
untuk menyimpan firmware (perangkat lunak yang berhubungan erat dengan perangkat
keras).
ROM modern didapati dalam bentuk IC, persis seperti medium
penyimpanan /memori lainnya seperti RAM. Untuk membedakannya perlu membaca teks
yang tertera pada IC-nya.Biasanya dimulai dengan nomer 27xxx, angka 27
menunjukkan jenis ROM , xxx menunjukkan kapasitas dalam kilo bit ( bukan kilo
byte ) Data-data biasanyas udah terisi dan disediakan oleh pabrik perakitnya.
Contoh data-data ROM yang sering muncul adalah saat computer dihidupkan maka akan
terbaca semua konfigurasi perangkat yang terintegrasi dalam computer tersebut.
Isi data pada ROM misalnya adalah program Basic Input Output
System (BIOS), yang berfungsi untuk mengendalikan perpindahan data antar mikro prosesor
ke komponen lain yang meliputi keyboard, monitor, printer, dan lainnya. Program
BIOS juga mempunyai fungsi self diagnostic, atau memeriksa kondisi yang ada dalam
dirinya yang dinamakan Power on Self Test (POST).
Jenis-jenis ROM :
1. Mask ROM
Mask ROM adalah ROM yang tidak bias ditulis ulang
(non-flashable) sehingga tidak dapat di up-grade.
2.
PROM (Programmable Read-Only Memory)
PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi
data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan kedalam sebuah PROM, maka
program tersebut akan berada pada PROM seterusnya.
3.
EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory)
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah sebuah
ROM yang dapat deprogram ulang dan dihapus.Berdasarkan proses pengisiannya terdapat
dua jenis EPROM, yaitu UV EPROM dan EEPRb OM. UV EPROM (Ultraviolet EPROM)
membutuhkan cahaya ultraviolet untuk menghapus data yang ada di dalamnya,
sedangkan EEPROM (Electrical EPROM) yang hanya menggunakan aliran listrik saja dalam
menghapus atau mem-program ulang isinya.
4.
EEPROM ( Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
EEPROM merupakankependekandari Electrically Erasable
Programmable Read-Only Memory. EEPROM adalahtipekhususdari PROM (Programmable Read-Only
Memory ) yang bisadihapusdenganmemakaiperintahelektris.
PERBEDAAN RAM dan ROM
Read Only Memory (ROM), berfungsi untuk menyimpan fael bagi
program yang berasal dari pabrik komputer. Sesuai dengan namanya, ROM (Read
Only Memory), maka program yang tersimpan didalam ROM, hanya bias dibaca oleh para
pemakai.
Random
Access Memory (RAM), merupakan bagian memory yang bias digunakan oleh para pemakai
untuk menyimpan program dan data.
ROM
bias diibaratkan sebuah tulisan yang
sudah tercetak, dimana pemakai hanya bisa melakukan pembacaan data yang ada didalamnya
tanpa bias melakukan perubahan apapun pada tulisan yang ada.ROM biasanya berisi
instruksi/program khusus yang bias digunakan pemakai untuk memanfaatkan
computer secara maksimal.
E.OUTPUT DEVICE
Output
device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil
pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media
yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data
hasil proses. Jenis dan media dari output device yang dimiliki oleh komputer
cukup banyak. Output yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke
dalam empat macam bentuk sebagai berikut.
- Tulisan
- Image
- Suara
-Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
- Tulisan
- Image
- Suara
-Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama merupakan output yang digunakan langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker
a.Monitor
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
c. Plotter
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan.
d. Speaker
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Speaker akan memberikan informasi dalam bentuk suara. Apabila Anda mendengarkan lagu melalui komputer yang terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radion online, maka unit keluaran yang diperlukan adalah speaker.
F.PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI AWAL HINGGA SEKARANG
Sejarah Perkembangan Komputer Sebelum
tahun 1940 Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh
manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu
manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya dapat mendapatkan hasil
lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang
dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik mahupun
elektronik.
Saat ini, komputer dan peranti
pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan yang lebih
dari sekedar perhitungan matematik biasa. Di antaranya adalah sistem komputer
di pasar raya yang mampu membaca kod barang belanjaan, pusat telefon yang
menangani jutaan panggilan dan komunikasi, serta jaringan komputer dan internet
yang menghubungkan berbagai tempat di dunia. Komputer ada 4 golongan yaitu:
1. Peralatan manual: Iaitu peralatan pengolahan
data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah
menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik: Iaitu peralatan yang sudah
berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang
digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara
elektronik penuh
Beberapa peralatan yang telah digunakan sebagai alat
hitung sebelum ditemukannya komputer :
a. Abacus
Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di
Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat
dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya
untuk melakukan perhitungan menggunakan biji bijian geser yang diatur pada
sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung
transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di
Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
b. Kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator )
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan
lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662),
yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai
kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya
melakukan perhitungan pajak.
menyempurnakan alatnya.
c. Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan
mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik
Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam
kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan
hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar
membantu membangun era komputasi mekanikal.
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya
komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah
komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.
1. Generasi Pertama
(1944-1959)
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan
ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara
(vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri
dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah
menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang
berfungsi sebagai pendingin. Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya
komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer
elektronik didunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer
tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar
ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri. Pada gambar
nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang
mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan
daya listrik 174 kilowatts.
2. Generasi Kedua (1960-1964)
Transistor merupakan ciri khas
komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”,
“collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer
Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga
lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula
dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.
Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya:
tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang
ada menjadi lebih kecil dan lebih murah. Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan
komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai
beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah
satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang
untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun
komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, menyebabkan IBM
7090 menjadi sangat popular. Komputer generasi kedua lainnya adalah: IBM Serie
1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
3. Generasi Ketiga (1964-1975)
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor,
akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan
transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil.
Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan,
dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan
ciri khas komputer generasi ketiga.
Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu
arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi “ON” ataupun “OFF”
yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner
yang sangat dibutuhkan oleh komputer. Pada setiap bidang memory terdapat
924cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit
informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat
kecil.
Komputer
yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC
808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory. Dapat
digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II,
PC, dan NEC PC.
4.
Generasi Keempat (1975-Sekarang)
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk
pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di
dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC
komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar.
Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang
singkat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi
sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya
adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang
membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa
teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486,
Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to
Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer
super.
5.
Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan
komputer impian masa depan. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak unit
pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu
tugas dalam satu masa.
Komputer ini juga mempunyai ingatan
yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam
waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak
manusia. Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan
sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan
bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai artificial intelligence.
Banyak kemajuan di bidang desain
komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.
Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang
akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan
sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik
tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal
dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT
(Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.
Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa
informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa
perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana
yang lebih valid dan membuahkan hasil. .
G.PENGGOLONGAN
KOMPUTER BERDASARKAN DATA YANG DIOLAH
Berdasarkan data yang diolah atau cara kerjanya,
komputer digolongkan kedalam tiga jenis, yaitu : analog komputer, digital
komputer dan hybrid komputer.
a.
Analog komputer
Komputer analog digunakan untuk datayang sifatnya
kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik,
seperti misalnya arus listrik atau temperatur.
Output dari komputer analog umumnya adalah untuk
pengaturan atau pengontrolan suatu mesin. Komputer analog biasanya banyak
digunakan pada proses pengontrolan padda pabrik kimia, pembangkit tenaga listrik,
dsb.
Keuntungan dari komputer analog adalah kemampuannya
untuk menerima data dalam besaran phisik dan langsung mengukur data tersebut
tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu, sehingga proses dari komputer analog
lebih cepat.
Kerugian komputer analog adalah terletak pada faktor
ketepatannya, komputer
digital
lebih tepat dibandingkan komputer analog.
b.
Digital komputer
Data yang diterima pada komputer digital dalam
bentuk angka atau huruf.Komputer digital biasanya digunakan pada aplikasi
bisnis dan aplikasi teknik.
Keunggulan
dari komputer digital adalah :
1.
Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
2.
Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.
3.
Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan
menentukan
hasilnya, yaitu membandingkan elemen nilai yang satu lebih
kecil
atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau tidak sama
dengan
elemen nilai yang kedua.
4.
Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.
5.
Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik maupun
gambar.
c.
Hybrid komputer
Didalam aplikasi yang khusus dibutuhkan suatu
komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer
digital dan lebih cepat dari komputer analog. Komputer hybrid adalah kombinasi
dari komputer analog dan komputer digital. Data yang diterima dalam bentuk
angka atau huruf dan fisik
.
H.PERALATAN
TAMBAHAN DAN AKSESORI KOMPUTER
Perangkat Tambahan
Pada Komputer yaitu perangkat yang digunakan untuk kepentingan tertentu
(tambahan), diluar dari perangkat umum computer. Jadi tanpa Perangkat Tambahan,
komputer tetap dapat dijalankan (dioperasikan).
Beberapa
peralatan tambahan yang biasa digunakan :
1. MODEM
Kepanjangan modem adalah
modulator-demodulator, peralatan tambahan yang digunakan oleh komputer untuk
mengubah sinyal digital atau listrik yang digunakan oleh komputer menjadi
sinyal analog atau pulsa yang digunakan oleh telepon dan sebaliknya.
Fungsi
Alat komunikasi melalui jaringan
telepon yang dikenal dengan internet.
Digunakan untuk mengirim dan
menerima faks-mail.
Sarana untuk saling menukar
informasi atau data tanpa batas ke seluruh dunia
a. Menurut jenis dan pemasangan
1) Modem internal
Modem yang terpasang pada mother board di dalam casing dan
menggunakan kabel telepon sebagai koneksi.
2) Modem eksternal
Modem yang terpasang melalui port
tertentu, seperti COM1, COM2, dan port USB. Modem ini terletak di luar casing
dan menggunakan kabel telepon, kabel optic, atau wireless sebagai koneksi.
1) Modem internal 2) Modem eksternal
Cara kerja
Untuk dapat memfungsikan modem
sebagai sarana koneksi ke internet, dibutuhkan ISP (internet service provider),
yaitu perusahaan yang menyediakan layanan akses internet ke kalangan umum,
dengan mengenakan biaya. Misalnya, Telkomnet, Indosatnet, Centrin, CBN, atau
wasantara. Informasi yang dapat mengalir pada saluran berjumlah terbartas, dan
batsan ini disebut bandwith.
2.Network Card atau LAN/Ethernet
Card
Salah satu hardware tambahan pada
komputer berbentuk card atau kartu, yang dipasangkan pada slot ISA atau PCI
pada motherboard dan dilengkapi dengan konektor untuk dipasangkan kabel atau
bisa juga tanpa kabel (wireless LAN card) yang menghubungkan beberapa komputer
atau lebih dan dikenal sebagai port komunikasi antar komputer disebut network
card. Beberapa motherboard terbaru biasanya sudah menyertakan fasilitas network
card ini dalam bentuk on-board.
network
card atau LAN/Ethernet card
Cara kerja
Ethernet menggunakan metode akses
yang disebut CSMA/CD (carrier sense multiple accsess/collision detection).
System ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari
network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak
terjadi aktivitas atau bersih, komputer akan mentransmisikan data. Jika ada
transmisi lain di dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali
transmisi jika jaringan telah bersih. Metode ini dikenal dengan koalisi, dan
tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi network.
3.USB Flash Disk
Media
penyimpanan alternative yang berbasis”flash memory” dan menggunakan port USB
untuk saling berkomunikasi dengan komputer. USB Flash disk bisa juga disebut
sebagai harddisk mini yang portable.
USB
flash disk yang beredar di pasaran mempunyai berbagai kapasitas penyimpanan,
mulai dari kapasitas penyimpanan 120 Mb, 256 Mb, 512 Mb, 1Gb, 2 Gb, dan ukuran
yang lebih besar lagi.
4.Tape
Storage
Tape drive dan disk drive mempunyai
transfer rate yang sama. Namun , random access tape lebih lambat daripada disk
karena tape menggunakan operasi forward dan rewind.
Tape storage
Tape adalah media yang ekonomis jika
media yang digunakan tidak membutuhkan kemampuan random access, misalnya backup
data dari data disk dan menampung data yang besar. Tape digunakan oleh
supercomputer center untuk menyimpan data yang besar. Data ini digunakan oleh
badan penelitian ilmiah dan perusahaan komersial besar.
Pemasangan tape yang besar
menggunakan robotic tape changers. Robotic tape changers memindahkan beberapa
tape antara beberapa tape drive dan beberapa slot penyimpanan yang berada di
dalam tape library. Library atau perpustakaan yang menyimpan beberapa tape
disebut tape silo. Robotic tape library mengurangi biaya penyimpanan data. File
yang ada di disk dapat dipindahakan ke tape dengan tujuan mengurangi biaya
penyimpanan. Jika file itu ingin digunakan, komputer akan memindahkan file
tersebut ke disk.
5. Firewire Card
Sebuah card yang memiliki port penghubung
video ke komputer disebut firewire card. Serial bus berkecepatan tinggi ini
dikembangkan oleh apple dan Texas Instrument dan memiliki kemampuan untuk
menghubungkan hingga 63 peralatan, misalnya camcorder dan scanner yang
menggunakan port firewire. Dikenal juga sebagai standar IEEE 1394, dengan
spsifikasi yang memiliki transfer rate 100, 200, dan 400 Mbits/detik. Fungsi
yang didukung oleh firewire adalah hotswapping. Kecepatan ganda pada bus yang
sama dan transfer data asinkronus, yang mengatur lebar gelombang operasi
multimedia. Firewire dipakai secara luas untuk menghubungkan peralatan video ke
komputer.
6. Joy Stick dan Games Pad
Alat ini
digunakan untuk bermain aplikasi games dan sekarang sudah banyak yang
menggunakan kabel konektor USB dengan berbagai merek. Pada prinsipnya alat ini
sama seperti cara kerja mouse.
7. Printer
Peripheral
Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh komputer. Data
yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto.
Jenis printer :
a.Printer Dot Matrix
Printer
Dot-Matrix adalah
pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang
mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk
mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti
titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga
hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini
masih banyak digunakan karena memang terkenal `bandel` (awet). Kelebihan
lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner
(tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
b.Printer Laser Jet
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin
fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar
per menit.
c.Printer Inkjet
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan
tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus.
Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung
pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan
lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
8.Tv Tuner
TV Tuner adalah alat yang dapat digunakan komputer untuk
menampilkan siaran dari berbagai macam stasiun televisi, seperti layaknya
pesawat televisi biasa, TV Tuner juga dilengkapi dengan berbagai macam tools
yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu stasiun televisi ke stasiun
televisi lainnya. Ada berbagai macam
produk TV Tuner yang telah tersebar dipasaran, tentu saja, setiap satu produk
memiliki fitur yang berbeda dengan produk lainnya.
Seperti layaknya pesawat televisi
biasa, tv tuner baik yang internal maupun eksternal juga memerlukan alat
tambahan yang digunakan untuk memperkuat sinyal, yaitu Antena. Untuk jenis
antenanya bisa bebas, artinya bisa menggunakan antena yang diletakan didalam
ruangan maupun antena diluar ruangan. Sedangkan dari segi kemudahan, banyak
sekali perbedaan yang dapat di temukan tetapi kemudahan dalam melakukan
penginstalasiannya, karena mudahnya mungkin tidak perlu lagi membaca buku manualnya karena sudah tergambar
dengan jelas di setiap menu pilihan, walaupun hal ini sangat tidak dianjurkan.
9.Kamera Digital
Kamera digital adalah kelanjutan dari kamera jenis biasa
yang sudah tidak menggunakan rol film untuk menyimpan hasil pemotretannya,
tetapi menggunakan kartu memori yang mempunyai kapasitas jauh lebih besar
dibandingkan rol film biasa. Kamera digital dilengkapi dengan fitur yang
mempermudah dalam pemotretan, mengedit langsung hasil pemotretan atau bisa juga
digunakan sebagai pengganti handycam.
Untuk memindahkan hasil pemotretan dari kamera digital
biasanya menggunakan kabel data melalui port USB pada komputer atau bisa juga
dengan menggunakan memori pada kamera digital yang digunakan melalui media card
reader yang sudah terhubung ke komputer.
10.Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat
membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan
Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek
pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama,
menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan
tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane
sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang
dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan
bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara
kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian
ditulisi dengan pensil.
11.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga
kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan
kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula
scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner
yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN
IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum
dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut
Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B.
Saat ini telah dikembangkan scanner
dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti
mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir
seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus
dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya
seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
12.Webcam
Webcam merupakan peralatan yang mirip
dengan fungsi handycam, yaitu mengambil gambar diam atau bergerak seperti film.
Namun pada webcam, mengendalikan angle gambar harus dilakukan melalui komputer.
Bentuk webcam bermacam-macam dengan beberapa fitur yang ditawarkan oleh vendor.
Biasanya, peralatan ini diposisikan berhadapan dengan pengguna komputer,
sehingga gambar yang ada di depan webcam dapat ditangkap langsung ke komputer.
Saat ini, webcam banyak digunakan untuk
membantu fasilitas chatting dalam forum diskusi atau chatting individu antar
perorangan secara langsung dengan ditunjang peralatan voice, seperti microphone
dan headphone.
13.Card
Reader
Peralatan tambahan komputer
yang dihubungkan melalui koneksi pada port USB berfungsi sebagai media input
atau output beberapa jenis memory card disebut sebagai card reader. Peralatan
ini terdiri atas beberapa slot memory card jenis MMC card, SD card, micro SD
card, M2 card,dan lain sebagainya.
Digunakan untuk media penyimpanan data,
biasanya pada headphone, camera digital, camcorder, dan lain-lain.
14.Barcode
Reader
Barcode
termasuk dalam unit masukan. Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode
yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap
kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnyadengan barcode.
15.Speaker /Audio
Piranti ini dapat digunakan untuk
menghasilkan suara digital hingga musik. Piranti ini memerlukan kartu suara
(sound card) perangkat lunak dan speaker. Melalui alat ini dimungkinkan untuk
mengkonversi suatu teks menjadi suara.
16.Microphone
Alat ini
berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori
komputer. Dengan microphone, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara
kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan microphone ini
tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input
suara yaitu sound card pada PC, yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi
digital dan sebaliknya. Dengan speech recognition software, microphone
digunakan untuk mendiktekan kalimat dan melakukan navigasi pada komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim
1,sejarah perkembangan computer,http://ms.wikipedia.org/wiki/Sejarah
perkembangan komputer_dari_pertama_sampai_sekarang
Ekanurdianaa,
2013,Jenis computer berdasarkan data yang diolah, http://ekanurdianaa.wordpress.com/2013/06/09/jenis-komputer-berdasarkan-data-yang-diolah/
Indra Pramadewa, 2011, Perangkat Tambahan Pada Komputer,http://indra-soekamti.blogspot.com/2011/10/perangkat-tambahan-pada-komputer.html
M.Saiful.F ,2012,Sejarah computer
dari awal hingga sekarang, http://majuterusindonesiaku.
blogspot.com/2012/03/perkembangan-komputer-dari-awal-hingga.html
Retno
Wulandari, 2012, PERALATAN
TAMBAHAN DAN AKSESORI KOMPUTER ,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar